USD Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2024

Font Size: 
PEMBELAJARAN GENERASI Z DENGAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW STUDI KASUS DI SMA KOLESE DE BRITTO YOGYAKARTA
Agus Hariyanto

Last modified: 2024-07-21

Abstract


Peserta didik dimasa depan didominasi oleh generasi Z  yang menyukai belajar menyenangkan, belajar kelompok, melakukan kegiatan, dan  diskusi. Guru dituntut kreatif dalam mengajar dan menanamkan nilai-nilai kerja sama, saling menghargai dan memberikan ruang yang lebih kepada peserta didik untuk melakukan kegiatan dalam pembelajara, memberikan kesepatan untuk menyampaikan pendapat dan menerima pendapat.  Model pembelajaran koopertif Jigsaw dapat digunakan untuk pembelajaran generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan model pembelajaran Jigsaw  membuat siswa siswa senang (2)  Penerapan model pembelajaran Jigsaw  membentuk karakter bekerja sama, menghargai orang lain. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas di SMA Kolese De Britto. Data diperoleh dari quesioner  dan wawancara. Teknik analisis data adalah model Miles & Hubberman terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.


Keywords


Jigsaw, menyenangkan, kerjasama, menghargai.