Last modified: 2024-07-21
Abstract
Peserta didik dimasa depan didominasi oleh generasi Z yang menyukai belajar menyenangkan, belajar kelompok, melakukan kegiatan, dan diskusi. Guru dituntut kreatif dalam mengajar dan menanamkan nilai-nilai kerja sama, saling menghargai dan memberikan ruang yang lebih kepada peserta didik untuk melakukan kegiatan dalam pembelajara, memberikan kesepatan untuk menyampaikan pendapat dan menerima pendapat. Model pembelajaran koopertif Jigsaw dapat digunakan untuk pembelajaran generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan model pembelajaran Jigsaw membuat siswa siswa senang (2) Penerapan model pembelajaran Jigsaw membentuk karakter bekerja sama, menghargai orang lain. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas di SMA Kolese De Britto. Data diperoleh dari quesioner dan wawancara. Teknik analisis data adalah model Miles & Hubberman terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.