USD Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2024

Font Size: 
EKSPLORASI IKLIM SEKOLAH DALAM KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DI JAKARTA TIMUR
Tya Deviyani, Maya Oktaviani, Elmanora Elmanora

Last modified: 2024-10-02

Abstract


Abstrak

Remaja cenderung menghabiskan sebagian besar waktunya di lingkungan sekolah. Ketika remaja berada di lingkungan sekolah yang memberikan dukungan positif, baik dari segi fisik maupun sosial, mereka cenderung merasa lebih aman dan terbantu dalam mengembangkan kemampuan membaca pemahaman. Iklim sekolah adalah kondisi lingkungan di dalam sekolah yang mencakup persepsi terhadap sistem formal, kepemimpinan, dan faktor lingkungan lainnya yang memengaruhi sikap dan motivasi individu di sekolah. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh eksplorasi iklim sekolah dalam kemampuan membaca pemahaman siswa di Jakarta Timur. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dan pengambilan data dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juni 2024. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada siswa sekolah menengah atas di Jakarta Timur dengan jumlah responden sebanyak 288 siswa menggunakan teknik Cluster sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim sekolah berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa (p-value = 0,000 < 0,05). Lingkungan fisik yang mendukung, interaksi guru dan siswa, dan orientasi guru dalam pembelajaran yang baik terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Oleh karena itu, sekolah perlu menciptakan iklim yang positif agar siswa senantiasa menikmati pembelajaran dan mampu membaca teks dengan utuh sehingga dapat memiliki kemampuan membaca pemahaman yang baik.

Kata kunci: iklim sekolah, kemampuan membaca pemahaman, siswa sekolah menengah atas

Abstract

Teenagers tend to spend most of their time in the school environment. When teenagers are in a school environment that provides positive physical and social support, they tend to feel safer and are helped in developing reading comprehension skills. School climate is an environmental condition within a school that includes perceptions of the formal system, leadership, and other environmental factors that influence individual attitudes and motivation at school. This research aims to determine the influence of school climate exploration on students' reading comprehension skills in East Jakarta. The research method uses an associative quantitative approach, and data collection was carried out from May to June 2024. The research was carried out by distributing questionnaires to high school students in East Jakarta with 288 respondents using cluster sampling techniques. The research showed that school climate significantly affected students' reading comprehension skills (p-value = 0.000 < 0.05). A supportive physical environment, interaction between teachers and students and good teacher orientation in learning have been proven to improve students' reading comprehension skills. Therefore, schools must create a positive climate so students enjoy learning and can read texts thoroughly to have good reading comprehension skills.

Keywords: high school students, reading comprehension skill, school climate

 


Keywords


Kata kunci: iklim sekolah; kemampuan membaca pemahaman, siswa sekolah menengah atas

Full Text: PDF (319-334)
slot online slot gacor slot