Last modified: 2024-10-02
Abstract
Sistem pembelajaran dengan ceramah dan latihan soal menyebabkan peserta didik merasa bosan dan tidak menyenangkan. Peserta didik SMA sekarang ini didominasi oleh generasi Z menyukai belajar yang menyenangkan, belajar kelompok, melakukan kegiatan, dan diskusi. Model pembelajaran koopertif Jigsaw dapat digunakan untuk pembelajaran. Tujuan penelitian ini mengetahui pembelajaran generasi Z siswa SMA Kolese De Britto dengan model kooperatif jigsaw yang menyenangkan dan meningkatkan prestasi sesuai dengan karakter generasinya pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Desain penelitian ini, yaitu pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design dikombinasikan dengan rancangan one-shot case study. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi kasus, kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan dengan statistik sederhana dan menggunakan teknik analisis yang diajukan oleh Miles, Huberman & Saldana, (2014) yang mencakup pengumpulan data, kondesasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini pembelajaran generasi Z dengan model kooperatif jigsaw: (1) membuat perasaannya senang dan memunculkan motivasi dalam belajar sehingga memudahkan untuk belajar dan dapat meningkatkan prestasi siswa, (2) dalam pembelajaran sesuai dengan karakter yang dimiliki generasi Z .