Last modified: 2023-11-01
Abstract
Sekolah katolik memiliki peran penting dalam mendukung terwujudnya keselarasan dalam proses pembangunan berkelanjutan. Pada titik ini, peran filsafat pendidikan dibutuhkan dalam membimbing pendekatan dan nilai-nilai yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran filsafat pendidikan dalam menjadi katalisator bagi pembangunan berkelanjutan di sekolah katolik. Menggunakan metode studi literatur, peneliti berfokus dalam melihat praktik-praktik yang dilakukan oleh sekolah katolik dalam mendukung pembangunan berkelanjutan. Data-data didapatkan melalui studi literatur pada berberapa tema terkait laudato si, pendidikan katolik, pendidikan lingkungan hidup dan pendidikan berkelanjutan. Data-data yang didapatkan dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif Miles dan Huberman. Penelitian ini berkontribusi untuk mendapatkan gambaran tentang praktik sekolah katolik dalam mendukung pembangunan berkelanjutan serta mengembangkan kajian-kajian filsafat dalam pendidikan berkelanjutan.