Last modified: 2024-10-11
Abstract
KELUARGA SEBAGAI RUMAH PENDIDIKAN CINTA KASIH
MENURUT PAUS FRANSISKUS DALAM DOKUMEN
AMORIS LAETITIA
Alexander Roy Kurniawan
Program Sarjana, Fakultas Teologi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Heribertus Agus Purwaka
Program Magister Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta
Dr. C.B. Mulyatno, Pr.
Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Abstrak
Artikel ini menyajikan tentang cinta kasih yang memiliki signifikansi fundamental dalam pembentukan karakter individu yang holistik, mencakup dimensi kognitif, afektif, dan perilaku. Cinta kasih memfasilitasi perkembangan kompetensi sosio-emosional yang esensial, seperti regulasi emosi, empati, dan keterampilan interpersonal. Menurut seruan apostolik Amoris Laetitia, melalui perspektif iman Katolik, keluarga memegang peran sentral dan tak tergantikan sebagai agen sosialisasi primer dalam internalisasi nilai-nilai cinta kasih. Mengembangkan program pendidikan yang terstruktur dan komprehensif untuk meningkatkan pemahaman keluarga tentang nilai-nilai Kristiani, termasuk cinta kasih, serta memberikan bekal praktis untuk mengimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan temuan tersebut maka penulis mengembangkan kerangka kerja strategis yang efektif untuk implementasi pendidikan cinta kasih dalam lingkungan keluarga menurut dokumen Amoris Laetitia. Metode yang digunakan pada artikel ini adalah metode penelitian studi pustaka.
Kata kunci: Keluarga, Pendidikan Cinta Kasih, Amoris Laetitia
Abstract
This article presents love as having fundamental significance in the holistic formation of individual character, encompassing cognitive, affective and behavioral dimensions. Love facilitates the development of essential socio-emotional competencies, such as emotion regulation, empathy, and interpersonal skills. According to the apostolic call Amoris Laetitia, through the perspective of the Catholic faith, the family plays a central and irreplaceable role as the primary socialization agent in internalizing the values of love. Developing a structured and comprehensive educational program to improve families' understanding of Christian values, including love, as well as providing practical provisions to implement these values in daily life. Based on these findings, the author develops an effective strategic framework for the implementation of love education in the family environment according to the Amoris Laetitia document. The method used in this article is the literature study research method.
Keywords: Family, Love Education, Amoris Laetitia