Detail Acara
-----------------------------------------------------Detail Plenary 1-----------------------------------------------------------
Detail Plenary 1:
08.30-09.00 Zoom dibuka
09.00-09.15 Doa, Lagu Indonesia Raya
09.15-09.20 Sambutan Ketua Panitia
09.20-09.30 Sambutan Wakil Rektor 3
09.30-09.40 Pengantar Moderator
09.40-10.20 Presentasi Prof. Dr. Elisabet Kristi Poerwandari (40 menit)
10.20-11.00 Presentasi F.X. Risang Baskara, Ph.D. (40 menit)
11.00-11.30 Tanya Jawab (30 menit)
11.30-11.40 Penutup
11.40-12.20 Break
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sesi Parallel 12.30-14.30
ROOM A
Moderator: Patria Budi Suharyo
SESI I
| FENOMENA “POLISI BAHASA” DAN KONTESTASI DISTINGSI BERBAHASA | 12.30-12.40 |
| Hugo Sistha Prabangkara, Widia Martina Sukma Dewi, Vania Williany |
| UNDERSTANDING THE "WOUNDED ME" IN THE NARRATIVE KAMU TERLALU BANYAK BERCANDA BY MARCHELLA FP. | 12.40-12.50 |
| Paulus Heru Wibowo Kurniawan |
| Voices of The Voiceless: Konstruksi Maskulinitas dan Diskriminasi Gender dalam Novel Pasung Jiwa | 12.50-13.00 |
| Pangestin Aprilia Sehnur Putri |
| Kehendak untuk Berkuasa dalam Cerpen “Mestikah Kuiris Telingaku seperti Van Gogh?” Karya Seno Gumira Ajidarma | 13.00-13.10 |
| Demitria Selvita Alvianey |
TANYA JAWAB SESI I 13.10-13.30
SESI II
| Perdagangan Bebas dan Plularisme di Kesultanan Banten Semasa Kepemimpinan Sultan Ageng Tirtayasa (1651-1683) | 13.30-13.40 |
| Ojel Sansan Yusandi |
| GUS DUR, PLURALITAS, DAN RELEVANSINYA DI MASA SEKARANG | 13.40-13.50 |
| Paskalis Dimaz Priambodo |
| SEJARAH PERKEMBANGAN ORANG KALANG DI YOGYAKARTA | 13.50-14.00 |
| Patria Budi Suharyo |
| PROYEK INVENTARISASI DAN DOKUMENTASI SEJARAH NASIONAL: STUDI HISTORIOGRAFI DAERAH PADA MASA ORDE BARU | 14.00-14.10 |
| Muhammad Fijar Lazuardi |
TANYA JAWAB SESI II 14.10-14.30
ROOM B
Moderator: Dr. Aquilina Tanti Arini
SESI I
| HUBUNGAN ANTARA LEADER MEMBER EXCHANGE ( LMX ) DAN EMPLOYEE RESILIENCE DENGAN WORK ENGAGEMENT PADA KARYAWAN | 12.30-12.40 |
| Noor Zulaikha, Kristiana Haryanti |
| Hubungan antara employee engagement dan iklim organisasi dengan Organizational Citizenship Behavior | 12.40-12.50 |
| Ardy Wiratama, Kristiana Haryanti |
| PENGARUH WORK OVERLOAD TERHADAP TURNOVER INTENTION DI MEDIASI OLEH BURNOUT PADA PRAMUNIAGA PERUSAHAAN KELUARGA DISTRIBUSI FMCG | 12.50-13.00 |
| Vegawati Kusuma Astuti, Ferdinandus Hindiarto |
| THE EROSION OF SELF IN THE METASOCIETY ERA | 13.00-13.10 |
| Yohanes Heri Widodo |
TANYA JAWAB SESI I 13.10-13.30
SESI II
| Gambaran Resiliensi pada Remaja Korban Perundungan | 13.30-13.40 |
| Stefani Virlia, Jatie K. Pudjibudojo, Soerjantini Rahayu |
| RESILIENSI PELAKU OLAHRAGA MOTOR ADVENTURE : STUDI PADA KOMUNITAS MOTOR ADVENTURE | 13.40-13.50 |
| Cahyani Wulandari |
| HUBUNGAN ANTARA KESEPIAN DENGAN INTERAKSI PARASOSIAL PADA PENGGEMAR K-POP EMERGING ADULT YANG MENGGUNAKAN APLIKASI FANDOM | 13.50-14.00 |
| Regina Vika Rovanie, Timotius Maria Raditya Hernawa |
| WHO CAN GIVE CONSTRUCTIVE RESPONSES WHEN FEELING JEALOUS TO BOY/GIRLFRIEND? | 14.00-14.10 |
| Judith Vannessa Rahmadi, Aquilina Tanti Arini |
TANYA JAWAB SESI II 14.10-14.30
ROOM C
Moderator: Paulus Eddy Suhartanto M.Si.
SESI I
| HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA MAHASISWA RANTAU: STUDI LITERATUR | 12.30-12.40 |
| Natalia Evitasari |
| DISPOSISI BERPIKIR KRITIS DAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA PSIKOLOGI | 12.40-12.50 |
| Marleny Purnamasary Panis |
| METODE APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN FREKUENSI KONTAK MATA ANAK DENGAN AUTISM SPECTRUM DISORDER | 12.50-13.00 |
| Jenny Nugraheni Riyan Irawan |
| Meningkatkan Kontak Mata Autism Spectrum Disorder dengan Prompting dan Positive Reinforcement | 13.00-13.10 |
| Nyoman Indah Triwahyuni, Endang Widyorini, Sri Sumijati |
TANYA JAWAB SESI I 13.10-13.30
SESI II
| Hubungan antara Persepsi terhadap Kepemimpinan Transformasional dengan Persepsi terhadap Efektivitas Organisasi pada Organisasi Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19 | 13.30-13.40 |
| Gabriella Adhyningsih Widhiastuti, Timotius Maria Raditya Hernawa |
| Pengaruh Kecemasan terhadap Perilaku Sehat pada Karyawan dengan mempertimbangkan Peceived Organizational Support selama Pandemi COVID-19 | 13.40-13.50 |
| Monika Windriya Satyajati, Widawati Hapsari, Bartolomeus Yofana Adiwena |
| IKLIM ETIS DAN EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN | 13.50-14.00 |
| Alice Whita Savira |
| Model Komitmen Afektif Dosen | 14.00-14.10 |
| Eddy Suhartanto |
TANYA JAWAB SESI II 14.10-14.30
ROOM D
Moderator: Dr. Carolus Borromeus Mulyatno
SESI I
| UPACARA TRADISIONAL JAWA MIDODARENI DALAM PERSPEKTIF TEOLOGI KESELAMATAN KATOLIK | 12.30-12.40 |
| bobby steven timmerman, edyson hermanto |
| TRADISI ZIARAH TUAN MA DALAM PERAYAAN SEMANA SANTA: PERSPEKTIF ORANG MUDA KATOLIK DI KEUSKUPAN LARANTUKA | 12.40-12.50 |
| Stefanus Gale, Bernardus Agus Rukmono, David Juliawan Ndruru, Carolus Borromeus Mulyatno |
| CONCEPT OF DIVINITY SAPTA DARMA IN THE WEWARAH PITU AND THE RITUAL OF SUJUD PENGGALIAN | 12.50-13.00 |
| Andreas Baladika Erjaluyoga, Fendy Krisnanto, Agus Widodo |
| THE DIVINITY IN BALINESE HINDUISM | 13.00-13.10 |
| Yosep Bambang, Kristophorus Migkoyan Eko Ardianata |
TANYA JAWAB SESI I 13.10-13.30
SESI II
| MARAPU’S CONCEPT OF DIVINITY IN TRADITIONAL CEREMONIES ZEISO AND WOLEKA IN WEWEWA TIMUR, SOUTHWEST SUMBA | 13.30-13.40 |
| Yohanes Diaz, Stefanus Reginaldus Jogoto |
| CONCEPT OF DIVINITY IN THE UGAMO MALIM’S COMMUNITY IN TANGERANG, BANTEN | 13.40-13.50 |
| Andre Yubile, Ferdy Nadeak, A. Septorio Paima, Agus Widodo |
| UNDERSTANDING OF GOD "RANYING HATALLA LANGIT" IN THE BELIEFS OF THE KAHARINGAN NGAJU DAYAK TRIBE OF CENTRAL KALIMANTAN | 13.50-14.00 |
| Servas Kelen, Andreas Sitepu, Yeremias Mangu Jaga |
| MEMBANGUN HARMONI DALAM KEBERAGAMAN: PERJUMPAAN LINTAS TEKSTUAL BARA MARAPU DAN EFESUS 4:1-6, 14-16 DALAM KONTEKS MULTI-IMAN ORANG SUMBA | 14.00-14.10 |
| Klementius Anselmus Loba, Indra Sanjaya Tanureja |
TANYA JAWAB SESI II 14.10-14.30
ROOM E
Moderator: Nikolas Kristiyanto, S.J., S.S., S.T.B., S.S.L.
SESI I
| MENGEMBANGKAN KEHIDUPAN BERBANGSA YANG BERADAB LEWAT DIALOG TEOLOGIS: SIKAP OPEN-INTEGRAL DALAM IMAN AKAN YESUS KRISTUS | 12.30-12.40 |
| Amadea Prajna Putra Mahardika, J.B. Heru Prakosa |
| INTERRELIGIOUS DIALOGUE IN YOGYAKARTA: UNLOCKING INSPIRATION FROM POPE FRANCIS | 12.40-12.50 |
| Yeremias Awear, Bernardus Agus Rukiyanto |
| ‘SRAWUNG’ LINTAS IMAN: DIALOG ANTAR UMAT BERAGAMA DENGAN KONTEKS BUDAYA LOKAL | 12.50-13.00 |
| Rengga Nata Pratama |
| METODE PEMBELAJARAN UNTUK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK BAGI SISWA YANG BERAGAM | 13.00-13.10 |
| Natalia Dewi Arumsari |
TANYA JAWAB SESI I 13.10-13.30
SESI II
| PENGARUSUTAMAAN BUDAYA PERJUMPAAN UNTUK PENGUATAN INKLUSIVITAS SMP PIUS BHAKTI UTAMA GOMBONG SEBAGAI SEKOLAH BERIDENTITAS KATOLIK | 13.30-13.40 |
| Patrisius Mutiara Andalas |
| KEBERAGAMAN JADI SATU DI TANAH MELAYU: BELAJAR PLURALISME KE KEPULAUAN RIAU | 13.40-13.50 |
| Dedi - Arman |
| PERJUMPAAN DIALOGIS BUDAYA LOKAL BATAK TOBA DAN AGAMA KRISTEN: FALSAFAH DALIHAN NA TOLU DAN EFESUS 6;1-3; 1 PETRUS 3:8-11 DALAM MEMBANGUN MASYARAKAT YANG HARMONIS | 13.50-14.00 |
| Silvana Natalia Nainggolan |
TANYA JAWAB SESI II 14.10-14.30
ROOM F
Moderator: Dr. theol. Dionius Bismoko Mahamboro, Pr.
SESI I
| INKLUSIVITAS KOMUNITAS KATOLIK MENURUT Y. B. MANGUNWIJAYA: PENELUSURAN TERHADAP KARYA ARSITEKTURAL DAN TEOLOGIS | 12.30-12.40 |
| Christian Aldo Kusuma, Dionius B. Mahamboro |
| THE RELEVANCE OF MANGUNWIJAYA’S ARCHITECTURE FOR AUTHENTIC CHURCH ARCHITECTURE IN MARTIN HEIDEGGER’S PERSPECTIVE | 12.40-12.50 |
| Gregorius Dwiangga, Michael Reskiantio Pabubung |
| LITURGY: THE SPIRITUAL WORLDLINESS ANTIDOTE AND THE SHIELD FROM THE ENEMY OF HOLINESS | 12.50-13.00 |
| Agus Widodo, Yohanes Subali |
| POTENSI INSTAGRAM DALAM MENARIK MINAT ‘THE NOW OF CURCH’ UNTUK BERPARTISIPASI AKTIF DALAM GEREJA SINODAL | 13.00-13.10 |
| Christina Adventi Setyaningrum K |
TANYA JAWAB SESI I 13.10-13.30
SESI II
| SENTRALITAS PERAYAAN EKARISTI INKULTURATIF IMLEK BAGI PEWARISAN IMAN KATOLIK DI PAROKI ST. ANTONIUS PADUA KOTABARU, YOGYAKARTA. | 13.30-13.40 |
| Yusup Setiawan Wawan |
| PERAN PENDAMPING DALAM PERKEMBANGAN IMAN KAUM MUDA DI PAROKI SANTA MARIA ASSUMPTA KLATEN | 13.40-13.50 |
| Florentina Arum Wulandari |
| KONTRIBUSI SPIRITUALITAS KOINONIA DALAM PERAYAAN EKARISTI DI LINGKUNGAN ST. YOHANES SELOREJO BAGI PERSAUDARAAN SOSIAL | 13.50-14.00 |
| stefani devika fani putri |
| PENDAMPINGAN PASTORAL KELUARGA KAWIN CAMPUR KATOLIK-ISLAM DI PAROKI SANTA PERAWAN MARIA PURWOREJO UNTUK PEWARISAN IMAN | 14.00-14.10 |
| Stefani Puspa Mawarni |
TANYA JAWAB SESI II 14.10-14.30
ROOM G
Moderator: Martina Dewi Sekar Kinasih
SESI I
| Pertobatan Ekologis sebagai Tindakan Kolektif Memperjuangkan Kebaikan Bersama Menurut Laudato Si | 12.30-12.40 |
| Erni Dameria Simare Mare, Anita Stephanie F. Warow, Anita Anastasya Br Sembiring, Paulus Bambang Irawan, Antonius Bagas Prasetya Adi Nugraha |
| PERTOBATAN EKOLOGIS GEREJA PAROKI SANTA MARIA AUXILIUM CHRISTIANORUM SIKABALUAN BAGI KEBERLANGSUNGAN HIDUP BUMI DI KEPULAUAN MENTAWAI | 12.40-12.50 |
| Ranti Marie |
| Kontribusi Novena Kebangsaan Bagi Pengarusutamaan Partisipasi Politik Gereja Katolik Keuskupan Agung Samarinda | 12.50-13.00 |
| Mery Yaq Ping |
| Gereja Bambu wujud dari kearifan lokal dan ekologis | 13.00-13.10 |
| Fransiskus Purwanto |
TANYA JAWAB SESI I 13.10-13.30
SESI II
| Kontribusi Spiritualitas Ignasian Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SMK Kolose Mikael Surakarta | 13.30-13.40 |
| Marhenia Elzabeth Gusti Ardynata |
| IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN KRISTIANI SEKOLAH KATOLIK | 13.40-13.50 |
| Margaretha Risti Zakarias (Sr. Simforiana CB), Asriana Remba, Carolus Borromeus Mulyatno |
| Throw Away Culture dan Sikap terhadap Kaum Difabel menurut Paus Fransiskus serta Kemungkinan Implementasinya di Panti Asuhan Cacat Ganda | 13.50-14.00 |
| Taris Bartolomeus |
| Kontribusi Pedagogi Reflektif Terhadap Kedalaman Iman OMK Prodi Pendikkat USD Di Hadapan Tantangan Globalisasi Kedangkalan | 14.00-14.10 |
| Fransiskus Xaverius Rian Riantoro |
TANYA JAWAB SESI II 14.10-14.30
ROOM H
Moderator: Ghina Nazla
SESI I
| TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ON-TASK PADA ANAK DENGAN ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVE DISORDER | 12.30-12.40 |
| Hikmah Mutiaraning Arsati, Suparmi Suparmi, Esthi Rahayu |
| KOMPARASI PELAKSANAAN METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) DALAM PEMBELAJARAN ANAK TUNARUNGU JENJANG DASAR DAN MENENGAH | 12.40-12.50 |
| Maria Simforian Ulus, Ayuditya Widya Cahyani, Kristophorus Divinanto Adi Yudono |
| KOMUNIKASI DALAM KOMUNITAS PEMBELAJAR BAGI DAYA DUKUNG RESILIENSI/DAYA LENTING MAHASISWA TULI: SEBUAH PENGALAMAN PRIBADI | 12.50-13.00 |
| Vincentia Prasetya, Ghina Nazla |
TANYA JAWAB SESI I 13.00-13.30
SESI II
| PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MELALUI PROYEK MUSIK UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS | 13.30-13.40 |
| Clara Aurelya Nanda Pratama, Irine Kurniastuti |
| PROBLEMS IN CURRICULUM ADAPTATION AND INSTRUCTIONAL LEARNING IN INCLUSIVE SCHOOLS | 13.40-13.50 |
| Irine Kurniastuti, Winarti Eny, Bernardinus Agus Arswimba, Yohanes Heri Widodo |
| PERKEMBANGAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTIS DI SEKOLAH INKLUSI | 13.50-14.00 |
| Marlev Widi Pangestu, Irine Kurniastuti |
| PERAN GURU MENANGANI GANGGUAN FOKUS BELAJAR PADA ANAK ADHD DI SEKOLAH INKLUSI | 14.00-14.10 |
| Renytha Dewi Anggraeni, Irine Irine Kurniastuti |
TANYA JAWAB SESI II 14.10-14.30
ROOM I
Moderator: Hendra Michael Aquan, MEnvMgmt.
SESI I
| STUDY OF THE ROLE OF COMMUNITY LEADERS IN EDUCATION IN ASMAT DISTRICT PAPUA | 12.30-12.40 |
| Antonius Tri Priantoro, FX Dapiyanta |
| THE MEANING OF COMMUNITY LEADERS’ INVOLVEMENT IN THE ELEMENTARY SCHOOL DRIVING COMMUNITY PROGRAM IN MAPPI REGENCY, SOUTH PAPUA PROVINCE: A PHENOMENOLOGICAL STUDY | 12.40-12.50 |
| Hendra Michael Aquan, Bernardinus Agus Arswimba, Ignatius Yulius Kristio Budiasmoro, Cecilia Paulina Sianipar |
| KESADARAN DAN KOMITMEN GURU DI KABUPATEN MAPPI TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR | 12.50-13.00 |
| Ignatia Esti Sumarah, Kintan Limiansih, Agnes Herlina Dwi Hadiyanti |
| PENINGKATAN KEMAMPUAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI DAERAH 3T KABUPATEN MAPPI, PAPUA | 13.00-13.10 |
| Christina Kristiyani, Rusmawan Rusmawan, Sebastianus Widanarto Prijowuntato, Galih Kusumo |
TANYA JAWAB SESI I 13.10-13.30
SESI II
| Media dan Pembelajaran yang Ramah Lingkungan untuk Siswa Sekolah Dasar Mappi | 13.30-13.40 |
| Eny Winarti, Sam Biake |
| Modul Matematika Konsep Operasi Hitung Bilangan Berbasis Kearifan Lokal Papua Barat (Sorong) Pada Siswa Kelas Iii Sd | 13.40-13.50 |
| Noveltii Vaos Fanataf |
| EVALUATION AND REFLECTION ON ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS' AWARENESS AND COMMITMENT TO CHARACTER EDUCATION IN ASMAT DISTRICT | 13.50-14.00 |
| Maria Melani Ika Susanti, Ignatius Bondan Suratno, Maria Novita Ika Wulandari |
| ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE BIDANG LITERASI DAN NUMERASI GURU SD KELAS 1 KABUPATEN ASMAT BEBASIS PENDEKATAN ETNOPEDAGOGI | 14.00-14.10 |
| Dewa Putu Wiadnyana Putra, Johanes Baptis Judha Jiwangga |
TANYA JAWAB SESI II 14.10-14.30
ROOM J
Moderator: Anna Fitriati, S.Pd., M.Hum.
SESI I
| FOMO BEHAVIOR (FEAR OF MISSING OUT) OF LATE ADOLESCENT | 12.30-12.40 |
| Mutiara Harlina |
| Analisis Masalah Penggunaan Media Pembelajaran Pada Proses Pembelajaran | 12.40-12.50 |
| Nindya Reza Ostiyani, R Eka Murtinugraha, Riyan Arthur |
| Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Menumbuhkan Ekosentrisme dalam Mewujudkan Keberhasilan Pembangunan Manusia | 12.50-13.00 |
| Dini Atikawati, Syaiful Khafid |
| The Influence of GeoGebra Application on Students' Self-Efficacy in Vector Topics | 13.00-13.10 |
| Arfin Yong |
TANYA JAWAB SESI I 13.10-13.30
SESI II
| PENERAPAN MODEL PROBLEM BASE LEARNING BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA | 13.30-13.40 |
| Sonia Ajie Wulandari, Fransiscus Xaverius Dedes Afriyanto, Kintan Limiansih |
| Narrating Pre-Service Teachers’ Lived Experiences during Teacher Profession Program (PPG) based on Kolb’s Experiential Learning Model | 13.40-13.50 |
| M Rifqi Romdon Anwari, Muhammad Rifki Afisyal, Markus Budiraharjo |
| STUDI LITERATUR: PENERAPAN DESIGN THINKING DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN | 13.50-14.00 |
| Maya Guita Mawar, Dian Wicaksanti, Tika Nursolehatun, Danang Jatmiko, Nanda Mutiara Sejati, Dwiyanita Egaresti Mahardika |
| Sekolah Jam Lima Pagi Efektifkah? (Suatu Kajian Kebijakan) | 14.00-14.10 |
| Eny Winarti, Agata Shintia Talu |
TANYA JAWAB SESI II 14.10-14.30
ROOM K
Moderator: Drs. Robertus Budi Sarwono, M.A.
SESI I
| Pelatihan Mindfulness Untuk Meningkatkan Grit Pada Guru | 12.30-12.40 |
| Sih Martini |
| KONSELOR SEKOLAH DI TENGAH LITERASI GELOMBANG KETIGA | 12.40-12.50 |
| Budi Sarwono |
| MENGEMBANGKAN KOMUNITAS PEDULI LINGKUNGAN DAN KESEHATAN DI PERKAMPUNGAN KOTA SURABAYA MELALUI GERAKAN KAMPUNG OASE SURABAYA | 12.50-13.00 |
| Sylvia Kurniawati Ngonde |
| PROFILE OF KNOWLEDGE AND USE OF JAMU AMONG ADOLESCENTS | 13.00-13.10 |
| Erna Tri Wulandari, Kania Putri, Siane Natania |
TANYA JAWAB SESI I 13.10-13.30
SESI II
| From Promise to Perplexity: Unravelling the Dropout Paradox in Massive Open Online Courses (MOOCs) | 13.40-13.50 |
| Yona May Rahayu |
| EFEKTIFITAS PERKULIAHAN DARING PADA MAHASISWA PSIKOLOGI DI MASA PANDEMI COVID-19 | 13.40-13.50 |
| Budi Sulaeman |
| MENGETAHUI ACADEMIC BURNOUT MAHASISWA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DAN STUDI INDEPENDEN | 13.50-14.00 |
| Siska Julinda Pakpahan |
| PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DENGAN FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI METABOLISME KELAS XII | 14.00-14.10 |
| Divi Selui Lorenza Anindi, Ika Yuli Listyarini |
TANYA JAWAB SESI II 14.10-14.30
ROOM L
Moderator: Rafinne Oktavitae Mega
SESI I
| Women's Narrative in the National Movement Period in History Learning Textbook: Stand Alone or Blended? | 12.30-12.40 |
| Yasmin Nindya Chaerunissa |
| Peran Asosiasi Guru Sejarah Indonesia Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Sejarah Pada Masa Pandemi Covid-19 | 12.40-12.50 |
| Dimas Eka Mitra Nugraha |
| Profil Pelajar Pancasila Dalam Implimentasi Pada Pembelajaran Sejarah | 12.50-13.00 |
| Nurrahmah Mazria |
| Pengembangan E-Module Sejarah dengan pendektan Kontekstual | 13.00-13.10 |
| Eka Rimatuzzahriah |
TANYA JAWAB SESI I 13.10-13.30
SESI II
| INTEGRATING PEACE EDUCATION INTO HISTORY LEARNING TO BUILD A PEACEFUL CONSTELLATION IN THE 2024 ELECTIONS IN INDONESIA | 13.30-13.40 |
| Hokkop Fritles Nababan |
| CHALLENGES IN ELEMENTARY SCHOOL MANAGEMENT IN 3T AREA, ASMAT, SOUTH PAPUA | 13.40-13.50 |
| Pius Nurwidasa Prihatin, Indra Darmawan, Ignatius Bondan Suratno, Siane Tita Laviana |
| EKSPLORASI POTENSI PEMBELAJARAN NUMERASI DENGAN BUKU KONTEKSTUAL PAPUA: ANALISIS DI DISTRIK NAMBIOMAN BAPAI DAN PASUE, KABUPATEN MAPPI, PAPUA | 14.50-14.00 |
| Christiyanti Aprinastuti |
| Penerapan Computational Thinking Pada Pokok Bahasan Jaring-Jaring Kubus | 14.00-14.10 |
| Muhammad Khoiri Zaroh, Widha Ari Nur Setyawan, Kintan Linimasih Linimasih |
TANYA JAWAB SESI II 14.10-14.30
ROOM M
Moderator: Eko Budi Santoso, S.J., S.Pd., Ph.D.
SESI I
| PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA PERMAINAN WHEEL OF PHYSICS TERHADAP KESENANGAN BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA DI SMA BOPKRI BANGUNTAPAN | 12.30-12.40 |
| Mohamad Rafli Prana Wijaya, Elisabeth Dian Atmajati |
| APLIKASI RANTAI MARKOV UNTUK MENGANALISIS CURAH HUJAN DI KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA | 12.40-12.50 |
| Putri Eliana, Eduard Gregorius Blida Tapoona, Antonius Yudhi Anggoro |
| ANALISIS SISTEM ANTRIAN SEPEDA MOTOR PADA STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU) CANDIMAS 44.557.10 | 12.50-13.00 |
| Christian Gilly Victory |
| HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA | 13.00-13.10 |
| Christian Gilly Victory |
TANYA JAWAB SESI I 13.10-13.30
SESI II
| OPTIMASI KEUNTUNGAN PRODUKSI SIOMAY MENGGUNAKAN PROGRAM LINEAR BULAT BERBANTUAN PROGRAM POM-QM | 13.30-13.40 |
| Yohanna Stella Evangelina, Antonius Yudhi Anggoro |
| PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA BONANG BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI KERUCUT DAN BOLA | 13.40-13.50 |
| Agnes Angesti |
| Rancangan Hypothetical Learning Trajectory pada materi Rasio Trigonometri Berdasarkan Epistemological Obstacle | 13.50-14.00 |
| Sebastianus Hanamas Putraditama |
| APLIKASI JARINGAN SYARAF TIRUAN DENGAN ALGORITMA BACKPROPAGATION UNTUK MEMPREDIKSI HASIL PANEN GABAH PADI DI KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2023 | 14.00-14.10 |
| Veronika Juliani, Elvi Sartika Purba, Antonius Yudhi Anggoro |
TANYA JAWAB SESI II 14.10-14.30
ROOM N
Moderator: Margaretha Madha Melissa, M.Pd.
SESI I
| PENINGKATAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI STATION ROTATION MODEL | 12.30-12.40 |
| Luthfia Isna Rachmi, Veronica Triprihatmini |
| PENGEMBANGAN PERMASALAHAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR | 12.40-12.50 |
| Putri Eliana, Margareta Serina Ariyani Putri, Niluh Sulistyani |
| THE ASSIGNATION OF INDONESIAN WOMEN SWIMMING ATHLETES ON SWIMMING MEDLEY RELAY USING THE HUNGARIAN METHOD TO GET OPTIMAL TIME RECORDS | 12.50-13.00 |
| Dewina Artha Miranda Ambarita, Ema Lukitasari, Antonius Yudhi Anggoro, M.Si. |
| ETHNOMATHEMATICS IN HOKKIEN DIALECT | 13.00-13.10 |
| Anthony Adam Pranajaya |
TANYA JAWAB SESI I 13.10-13.30
SESI II
| MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATERI STATISTIKA | 13.30-13.40 |
| Endah Saraswati, Katarina Ciesa Maharani Wardoyo, Veronika Jaga Liko, Sri Prihatin Hartati, Haniek Sri Pratini |
| HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY PADA PEMBELAJARAN MATERI KESEBANGUNAN SMP KELAS 9 | 13.40-13.50 |
| Katarina Ciesa Wardoyo |
| HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL KELAS X | 13.50-14.00 |
| Marcelia Puspita Ningrum |
| PROYEKSI JUMLAH PENDUDUK DI KABUPATEN MAGELANG DENGAN MENGGUNAKAN PERSAMAAN DIFERENSIAL | 14.00-14.10 |
| Dinda Raditya, Margareta Serina Ariyani Putri |
TANYA JAWAB SESI II 14.10-14.30
ROOM O
Moderator: Gabriella A. D.
SESI I
| PENGUATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGANYAM UNTUK SISWA KELAS 1SD | 12.30-12.40 |
| Fransiska Wahyuningsih, Christiyanti Aprinastuti |
| The Application of CT in Cultural Diversity Topic for 4th Grade Class of SDN Gedongtengen | 12.40-12.50 |
| Ihsan Hidayatulloh, Petri Handayani, Chiristiyanti Aprinastuti |
| Penerapan Pembelajaran Computational Thinking pada Materi IPA Siklus Air Untuk Kelas V-C SD Kanisius Sengkan | 12.50-13.00 |
| Intansari Desy Saputri, Jovita Bunga Kurnia Putri Sutaryo, Kintan Limiansih |
| UPAYA MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL PADA KELAS V SD KANISIUS BABADAN | 13.00-13.10 |
| Kuniy Naili Sa'adah, Eres Sereta, Sonia Ajie Wulandari, Brigida Intan Printina |
TANYA JAWAB SESI I 13.10-13.30
SESI II
| Peningkatan Hasil Belajar dan Kerjasama Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) di Kelas I SD Kanisius Babadan | 13.30-13.40 |
| Fransiscus Xaverius Dedes Afriyanto, Rico Baskara Putra, Brigida Intan Printina |
| Rancangan Pembelajaran Untuk Siswa ADHD di Sekolah Dasar Inklusi | 13.40-13.50 |
| Khatarina Dara Puspitasari, Irine Kurniastuti |
| PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PPKN KELAS III MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING | 13.50-14.00 |
| Fauzia Afrianur, Boby Devananda, Valentine Febrina Wulandari, Brigida Intan Printina |
| Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar PPKn Kelas III Melalui Model Problem Based Learning | 14.00-14.10 |
| 'Ainun Ma'rifah, Maryam Wahyuningsih, Siti Aminatul Maghrifah, Brigida Intan Printina |
TANYA JAWAB SESI II 14.10-14.30
ROOM P
Moderator: Dr. Hongki Julie, M.Si.
SESI I
| EFFORTS TO INCREASE UNDERSTANDNG OF ATHEMATICAL CONCEPTS WITH PROBLEM BASED LEARNING MODELS IN CLASS II ELEMENTARY SCHOOL MAGUWOHARJO 1 | 12.30-12.40 |
| Fadilah Hasti Cahyaningtyas |
| PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PIRAMIDA UANG TERHADAP KETERAMPILAN MENGHITUNG UANG SISWA KELAS III SLB/B | 12.40-12.50 |
| Maria Simforiani Ulus, Irine Kurniastuti |
| Penerapan Pendekatan Computational Thinking Pada Pembelajaran PPKn Kelas III Materi Hak dan Kewajiban di Sekolah | 12.50-13.00 |
| Salmaa Ainun Susatyo, Isnawati Isnawati, Christiyanti Aprinastuti |
| IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS GAMES BLOOKET MATERI IPAS UNTUK SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR | 13.00-13.10 |
| Mey Hawini Anugrahno |
TANYA JAWAB SESI I 13.10-13.30
SESI II
| ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS BANGUN SEGIEMPAT-SEGITIGA KELAS VII DITINJAU DARI COGNITIVE LOAD | 13.30-13.40 |
| Wahyuni Eka Maryati, Hongki Julie |
| OPTIMASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL STAD DENGAN PAPAN PECAHAN KELAS III SD N MAGUWOHARJO 1 | 13.40-13.50 |
| Inta Nur Muakhidah, maria melani ika susanti, maria melani ika susanti, sri sudarini, sri sudarini sudarini |
| Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keaktifan Siswa Kelas VB SD Negeri Maguwoharjo 1 | 13.50-14.00 |
| Septivianti Putri Indra Nirmalasari |
| HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY : MENEMUKAN DAN MENENTUKAN LUAS PERMUKAAN PRISMA SEGITIGA KELAS VII | 14.00-14.10 |
| Marcelina Meiliana Diola |
| PENGEMBANGAN AKTIVITAS KELAS DESMOS BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS X | (Waktu tambahan diatur moderator) |
| Jeane Maya Parinding, Yosafat Gilar Prastowo, Maria Anjelina Agho, Niluh Sulistyani |
TANYA JAWAB SESI II 14.10-14.30
ROOM Q
Moderator: Klara Dyanita Setyowati
SESI I
| MONTESSORI LEARNING: AN ALTERNATIVE TO IMPROVE CHARACTER EDUCATION IN ELEMENTARY SCHOOL | 12.30-12.40 |
| Armia Gulo, Cerina Putri, Maria Yasinta Boro, Andri Anugrahana |
| FOSTERING A CARING FOR THE EARTH THROUGH ECOLOGICAL EDUCATION AT PRENTHALER ELEMENTARY SCHOOL | 12.40-12.50 |
| Benedictus Adiatma Murti Wibowo, Agustinus Tri Edy Warsono, Carolus Borromeus Mulyatno |
| INTERPRETASI GURU SEKOLAH DASAR MENGENAI PENGEMBANGAN KURIKULUM YANG HUMANIS, KREATIF DAN INOVATIF DI SEKOLAHNYA | 12.50-13.00 |
| Wahyu Wido Sari |
| PENGEMBANGAN PROTOTYPE MEDIA PEMBELAJARAN EDPUZZLE MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR | 13.00-13.10 |
| Yrmina Damayanti, Christiyanti Aprinastuti |
TANYA JAWAB SESI I 13.10-13.30
SESI II
| IMPLEMENTASI METODE MONTESSORI MEDIA LARGE MOVEABLE ALPHABET PADA ANAK 4-6 TAHUN | 13.30-13.40 |
| Theo Karnis Gulo, Meliana Elsi, Alfi Noorwida |
| MODEL PEMBELAJARAN MONTESSORI UNTUK MEMBENTUK SIKAP KEMANDIRIAN PADA SISWA PAUD: SEBUAH KERANGKA KONSEPTUAL | 13.40-13.50 |
| Fransiska Vellya Darwiyanti, Brigita Patrisia Clara, Anesa Juliati Sarila, Andri Anugrahana |
| PENGEMBANGAN PROTOYPE MEDIA PEMBELAJARAN PIZZA SKITTLE MATERI PECAHAN UNTUK SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR | 13.50-14.00 |
| Anggita Dwi Puspitasari |
TANYA JAWAB SESI II 14.00-14.30
ROOM R
Moderator: Dr. A. Setyandari, S.Pd., S.Psi., Psikolog, M.A.
SESI I
| Analisis Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Potensi Unggulan Daerah dan Kebutuhan Tenaga Di Provinsi Sulawasi Barat | 12.30-12.40 |
| Muhammad Reski Sujono |
| Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi Di SMA PGRI 1 Banjarmasin | 12.40-12.50 |
| Risma Arianata, Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, Mahmudah Hasanah, Baseran Nor |
| PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING OLEH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN SELAMA PKM DI SMK | 12.50-13.00 |
| Olivia Dwi Apriani, Riyan Arthur, Arris Maulana |
| MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI BIOTEKNOLOGI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMAN 6 MADIUN | 13.00-13.10 |
| Frina Prastika, Cicilia Novi Primiani, Ima Agung Nurcahyo |
TANYA JAWAB SESI I 13.10-13.30
SESI II
| STUDENTS' PERCEPTIONS OF SOCIAL AND EMOTIONAL LEARNING (SEL) IN HIGH SCHOOL CONTEXT | 13.30-13.40 |
| Ayu Safitri, Annisa Dian Febriyanti, Millenia Canticca Sujito Putri, Muhammad Ismail Wahyuda, Markus Budiraharjo |
| EXPLORING SELF-MANAGEMENT, RELATIONSHIP SKILLS, AND RESPONSIBLE DECISION-MAKING SKILLS THROUGH SOCIAL AND EMOTIONAL LEARNING APPROACH AMONG VOCATIONAL HIGH SCHOOL STUDENTS | 13.40-13.50 |
| Tyas Nur Faizah, Diah Ayu Arditias, Zulfi Ramita Amalia, Nungki Retno Puspitowati, Markus Budiraharjo |
| PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT DI SMK | 13.50-14.00 |
| Sunita Sunita, Riyan Arthur, R. Eka Murtinugraha |
| STRATEGI PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING | 14.00-14.10 |
| Jannes Freddy Pardede |
TANYA JAWAB SESI II 14.10-14.30
-----------------------------------------------------Detail Plenary 2-------------------------------------------------------------
14.30-14.35 Pengantar MC
14.35-14.40 Pengantar Moderator
14.50-15.30 Presentasi Dr. Iwan Syahril, Ph.D. (40 menit)
15.30-16.10 Presentasi Eny Winarti M.Hum., Ph.D. (40 menit)
16.10-16.40 Tanya Jawab (30 menit)
16.40-16.45 Penutup Moderator
16.45-16.55 Kesimpulan SC
16.55-17.05 Penutup
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi: Sosial dan Humaniora (USDBSH) diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia.
